Di Era Digital seperti tahun 2020 ini tidak sedikit perusahaan yang membuka lamaran kerja via online atau mewajibkan calon pelamar mengirim surat lamaran kerja atau CV melalui email. Untuk anda yang belum pernah melakukan hal ini bisa ulasan admin berikut ini.
Tidak perlu keterampilan khusus untuk bisa membuat surat lamaran kerja online sama halnya ketika anda menulis surat lamaran kerja di sebuah kertas folio namun bedanya harus di ketik melalui komputer di MS.Word lalu di converts file dari docx ke file PDF.
Cara Membuat Surat Lamaran kerja Online
Berikut ini list cara membuat surat lamaran kerja online
1. Cara membuat surat lamaran kerja di MS.Word
2. Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Online Via Email
3. Contoh CV atau surat lamaran pekerjaan
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di MS.Word
Untuk bisa mengirim surat lamaran kerja melalui online khususnya melalui email, terlebih dahulu kamu bisa membuat surat lamaran kerja di MS.Word melalui perangkat komputer kamu dirumah. Untuk contoh cara membuat surat lamaran kerja yang bagus dan bisa dilirik oleh HRD bisa kamu lihat di akhir artikel ini.
Selain membuat surat lamaran kerja via MS.Word kamu bisa sekalian membuat daftar riwayat hidup yang nantinya bisa di save ke dokumen lalu bisa sekalian di convert ke file pdf dijadikan satu dengan berkas lainnya dan dikirim melalui email.
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Online Via Email
Setelah kamu berhasil membuat surat lamaran di ms.word selanjutnya persiapkan berkas - berkas atau dokumen pendukung lainnya untuk di scan dan di convert menjadi file pdf. Berikut ini dokumen yang harus dipersiapkan.
- E-KTP
- Foto terbaru
- Ijazah
- SKHUN & Transkip Nilai
- SKCK
- Kartu Kuning & NPWP bila ada
- Kartu Keluarga
- Surat pengalaman kerja (paklaring)
- Sertifikat Kompetensi
- Dokumen pendukung lainnya
Kamu bisa scan semua dokumen di atas lalu dikumpulkan dan dijadikan 1 file untuk memudahkan kamu dan HRD dalam mengecek berkas lamaran tersebut.
SEtelah kamu membuat surat lamaran, daftar riwayat hidup di Microsoft Word serta dokumen pendukung lainnya yang sudah di scan dalam MS.Word langkah selanjutnya kamu bisa save dengan nama file Lamaran Kerja_(nama kamu).
Jika sudah semua lanjut mengubah file Microsoft Word menjadi file PDF, Jika kamu punya MS.Word 2017 bisa langsung di save ke file pdf jika tidak bisa langsung di convert di MS.word bisa menggunakan situs convert ms.word to pdf. Berikut ini cara convert file word to pdf:
- Buka MS.Word
- Pilih File dokumen lamaran kerja yang tadi anda buat
- Pilih File
- Pilih Save & Send
- Klik Create PDF/XPS Document
- Pilih Create PDF/XPS
- Pastikan nama file pdf nya sudah benar
- Klik Publish untuk menyimpan
Untuk membuat surat lamaran kerja online dan mengirimkannya via email sudah selesai sampai disini usahakan file pdf yang kamu kirim kurang dari 2MB standarnya perusahaan mewajibkan ukuran file pdf hanya kisaran 400 kb saja. Semakin kecil ukuran file yang kamu kirim semakin mudah pihak perusahaan untuk mengunduh file lamaran kerja kamu dna mengeceknya.
0 Response to "Cara Membuat Surat Lamaran kerja Online Terbaru 2020"
Posting Komentar
Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik dan sopan, sebelum kamu bertanya lihat dahulu info Tanggal tutup loker, bila ada nomor whatsapp bisa kontak langsung orang yang bersangkutan pada lowongan kerja tersebut. Bantu kami Like & Share agar lockerjob tetap ada. Terima kasih