20 Pertanyaan Umum Interview Kerja dan cara Menjawabnya

Interview Kerja

Perasaan apa yang anda rasakan saat interview kerja? Apakah anda merasa panas dingin, nerves, grogi, kurang percaya diri, takut gagal, detak jantung naik turun. Inilah yang admin rasakan setiap mengikuti tes interview kerja. Disaat kamu menghadapi interview kerja hal pertama yang harus kamu lakukan adalah percaya diri, jika saja kamu tidak percaya diri, interview kerja tidak akan berjalan baik, kamu akan gugup saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh orang yang interview kamu.



Ada beberapa tips untuk kamu yang sedang melaksanakan proses interview kerja, beberapa hal ini yang akan admin sampaikan itu berdasarkan pengalaman sendiri di setiap panggilan interview kerja. Adapun tips tersebut adalah: berangkat dari rumah dan sampai ke tempat interview 30 menit lebih awal, pakai pakaian bersih dan sopan, jika kamu merasa tegang buat diri kamu relax dengan cara ambil 3 buah batu es ukuran kecil lalu balut dengan sarung tangan atau sapu tangan atau handuk kecil bila ada, setelah itu tempelkan di belakang leher, biar kamu tambah rilex lagi atur nafas dengan baik caranya tarik nafas lalu buang lakukan hal ini sampai kamu merasa tenang dan percaya diri. 

Pertanyaan umum interview kerja, cara buat cv lamaran kerja, trik lolos interview kerja

Baca Juga: Info lowongan kerja Shopee Express sebagai Kurir



INFO LOWONGAN KERJA TERBARU


Setelah kamu rilex tidak tegang lagi dan percaya diri, maka langkah selanjutnya adalah cek kembali lamaran pekerjaan yang kamu buat, apakah dokumen yang diminta perusahaan sudah lengkap sesuai persyaratan yang dibutuhkan. Perusahaan akan melihat keseriusan kamu melalui surat lamaran jika syarat yang diminta saat interview tidak dilengkapi dengan baik bagaimana nantinya saat kamu diterima bekerja pasti banyak permintaan perusahaan yang tidak kamu turuti, itulah salah satu hal wajib yang harus kamu perhatikan.

Selain tips sederhana seperti yang saya sampaikan pada poin diatas, ada beberapa poin penting yang perlu kamu persiapkan yaitu mempersiapkan jawaban saat interview kerja. Saat kamu interview kerja apakah kamu langsung tahu pertanyaan apa yang akan keluar, pastinya setiap orang tidak akan tahu setiap perusahaan memiliki pertanyaan yang berbeda - beda, namun ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh perusahaan saat interview kerja dan pertanyaan itu hampir sama, jadi anda bisa mempersiapkan jawabannya. Pertanyaan seperti apakah itu? berikut detailnya:

A. PERTANYAAN DASAR
  1. Silahkan perkenalkan diri Anda?
  2. Mengapa saat sekolah mengambil jurusan Penjualan (misal)?
  3. Apakah Anda mempunyai rencana untuk melanjutkan studi / sekolah?
  4. Apakah pernah mengikuti les atau kursus tertentu?

B. PERTANYAAN SEPUTAR PERUSAHAAN DAN POSISI YANG DILAMAR
  1. Mengapa ingin bekerja di perusahaan ini?
  2. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?
  3. Apa yang Anda ketahui tentang bagian Marketing (misalnya) di perusahaan?

C. PERTANYAAN SEPUTAR PENGALAMAN
  1. Ceritakan pengalaman kerja Anda / ceritakan tentang pekerjaan Anda sekarang?
  2. Kenapa Anda ingin keluar dari pekerjaan sekarang? (bagi yang sedang bekerja di tempat lain)
  3. Apa masalah yang sering Anda hadapi di tempat bekerja Anda sebelumnya?

D. PERTANYAAN SEPUTAR KARAKTER DAN CARA BERPIKIR
  1. Apa arti sukses menurut Anda?
  2. Apa kelebihan yang kamu miliki?
  3. Apa kelemahan yang Anda miliki?
  4. Mana yang lebih Anda suka? bekerja di luar atau di dalam ruangan?

E. PERTANYAAN-PERTANYAAN AKHIR
  1. Apa alasan terbesar saya harus menerima Anda
  2. Berapa gaji yang diinginkan?
  3. Jika diterima, apakah Anda siap lembur?
  4. Jika diterima, berapa lama Anda akan bekerja diperusahaan ini.
  5. Kapan siap bekerja di perusahaan ini?
  6. Apa alasan yang membuat perusahaan ini sebaiknya merekrut Anda?

Berikut saya rangkum beberapa pertanyaan yang umumnya di tanyakan saat interview. Saya contohkan untuk pencari kerja sebagai Marketing misalnya. Check it out!


1. Silahkan perkenalkan diri Anda.!
Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus menjawabnya dengan jujur dan jelas, Sebutkan saja nama lengkap kamu, tempat dan tanggal lahir, jumlah saudara, asal sekolah atau universitas, pernah atau sedang bekerja dimana (singkat saja), bekerja sejak kapan.
2. Mengapa saat Sekolah mengambil jurusan Penjualan (misal)
Jika perusahaan memberikan pertanyaan seperti ini, berarti si pewawancara sudah melihat CV anda dan sudah membaca lulusan terakhir dan jurusan kamu. Kamu bisa menjawab karena lapangan pekerjaan untuk lulusan Penjualan banyak dan keahlian yang bisa dipelajari pada jurusan penjualan banyak manfaatnya dan sesuai dengan pekerjaan yang saya lamar saat ini.
3. Apakah Anda mempunyai rencana untuk melanjutkan studi / sekolah?
Dalam hal ini kamu sebaiknya menjawab dengan hati-hati. Beberapa perusahaan mungkin menyukai semangat Anda dalam mengembangkan diri. Namun tak sedikit perusahaan yang keberatan ada pegawainya punya kesibukan yang memanfaatkan waktu kerja. 
Bila anda melamar dipabrik jangan pernah memberi jawaban anda akan melanjutkan kuliah sambil kerja otomatis anda tidak akan diterima, lain halnya kamu melamar di perkantoran atau marketing ada hari libur di hari sabtu dan minggu bisa kamu jadikan alasan untuk melanjutkan studi atau kuliah.
4. Apakah pernah mengikuti les atau kursus tertentu?
Bila kamu pernah mengikuti kursus atau punya keahlian tertentu, silahkan kamu jawab iya dan tunjukkan sertifikat kursusnya, jika tidak katakan tidak. lebih bagus lagi jika kamu aktif berorganisasi di sekolah sebutkan saja seperti anggota osis, pramuka, paskibra, anggota rohis, karang taruna dll.
5. Mengapa ingin bekerja di perusahaan ini?
Karena kamu ingin mendapatkan kesempatan yang lebih baik dari sebelumnya, Ingin lebih banyak belajar dan memajukan penjualan perusahaan.
6. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?
Sebelum menjawab pertanyaan ini, Pastikan kamu sebelum melamar sudah mencari tahu tentang perusahaan yang sedang kamu incar. Cari tahu perusahaan tersebut bergerak di dalam bidang apa. Misalkan manufaktur berarti Anda harus tau mereka memproduksi apa. Atau missal distributor maka kamu cari tau perusahaan tersebut mendistribusikan atau menjual apa.
7. Apa yang Anda ketahui tentang bagian Marketing (misalnya) di perusahaan?
Meskipun sebenarnya Anda sudah tau dan paham tentang posisi ini namun jangan lupa untuk tetap menyusun kalimat untuk menjawabnya agar terlihat siap dan rapi. Banyak sumber yang bisa dijadikan acuan Anda dalam menyusunnya. Salah satunya dari internet.
Untuk Marketing, misalnya jelaskan bahwa bagian ini adalah yang mencari calon pembeli dan membuat si calon pembeli tersebut jadi membeli produk yang sedang dipasarkan.
8. Ceritakan pengalaman kerja Anda / ceritakan tentang pekerjaan Anda sekarang?
Kamu bisa menceritakan mulai dari posisi Anda, job desk dan tanggung jawab Anda di perusahaan lama.
9. Kenapa Anda ingin keluar dari pekerjaan sekarang? (bagi yang sedang bekerja di tempat lain)
Hati-hati Pastikan untuk tidak menjelek-jelekan perusahaan lama Anda dan tidak terindikasi bahwa Anda terlibat konflik atau bermasalah di perusahaan yang lama.
Contoh yg benar: ingin terlepas dari Outsourching atau kontrak kerja yang kurang cocok. Bisa juga dengan alasan bahwa kamu ingin menambah pengalaman dan mengembangkan diri.
10. Apa masalah yang sering Anda hadapi di tempat kerja Anda sebelumnya?
Ceritakan saja sesuai pengalaman namun tidak terlalu panjang dan berlebihan. Misalnya kerja sama tim yang kurang cepat atau lain sebagainya.
11. Apa arti sukses menurut Anda?
Jawablah bagaimana pandangan Anda tentang kesuksesan Anda sendiri. Misalnya kesuksesan menurut saya adalah suatu titik dimana saya mencapai target-target yang sudah saya tentukan dalam hidup.
12. Apa kelebihan yang kamu miliki?
Tidak perlu berlebihan atau menjadi sombong, katakan saja sesuai kemampuan kamu. Contoh yang benar misal: Tidak mudah menyerah, punya keinginan untuk belajar, mudah beradaptasi, Punya keahlian dibidang komputer dll.
13. Apa kelemahan yang Anda miliki?
Tidak ada orang yang sempurna, sehingga Anda juga harus menjawab apa kelemahan Anda. sebutkanlah kelemahan Anda, dan jangan lupa sertakan SOLUSI anda mengatasi dan menutupi kelemahan Anda tersebut.
14. Mana yang lebih Anda suka? bekerja di luar atau di dalam ruangan?
Jawablah sesuai karakter kamu dan sesuai posisi yang sedang kamu incar di perusahaan tersebut. Lebih bagus jika menjawab fleksibel yaitu bisa, suka dan siap di keduanya. Karena kamu melamar di marketing maka kamu harus siap terjun kelapangan.
15. Apa alasan terbesar saya harus menerima Anda?
Karena saya punya keinginan yang besar untuk belajar dan saya bisa belajar dengan cepat serta cukup mempunyai keahlian dibidang yang saya lamar.
16. Berapa gaji yang diinginkan?
Sebutkan saja nominalnya jika Anda yakin dengan kemampuan Anda. Kalau kurang berani maka bilang saja disesuaikan dengan penilaian perusahaan terhadap Anda. Saran saya, untuk fresh graduate minimal sejumlah UMR/UMK di daerah Anda. Untuk yang sudah pengalaman minimal diatas gaji di tempat kerja sebelumnya.
Negosiasi gaji biasanya akan berlanjut jika sudah ada tanda-tanda kalau perusahaan menyukai Anda.
17. Jika diterima, apakah Anda siap lembur?
Untuk fresh graduate yang memang sedang mencari pengalaman saya sarankan untuk menjawab siap dalam kondisi ini. Namun untuk yang sudah berpengalaman bisa ditanyakan dulu apakah ada perhitungan uang lembur atau tidak. Atau kemungkinan maksimal sampai berapa jam dan lain sebagainya sebagai bahan pertimbangan Anda. Hal ini pun kondisional, jika dirasa gaji dan tunjangan Anda cukup besar mungkin loyalitas jam lembur memang bisa Anda berikan.
18. Jika diterima, berapa lama Anda akan bekerja diperusahaan ini.
Saya akan berusaha dengan sungguh-sungguh. Semoga bisa selamanya disini.
19. Kapan siap bekerja di perusahaan ini?
Sebutkan tanggal dan bulan dengan tepat. Agar tak terjadi PHP. LOL. Hal ini bersifat negositiable, kadang ada perusahaan benar-benar butuh cepat untuk mengisi posisi yang kosong, namun juga ada yang bisa nego misal Anda beralasan untuk menyelesaikan masa di kantor lama (namun jangan terlalu lama, ingat banyak kandidat selain Anda).
20. Apa alasan yang membuat perusahaan ini sebaiknya merekrut Anda?
Jawab dengan bijak dan jangan berlebihan. Misalnya karena Anda akan berusaha sebaik mungkin bekerja sama dengan team work, dsb.
Nah itu dia beberapa contoh pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview kerja yang kiranya bisa kamu persiapkan sebelum melakukan proses interview. Beberapa poin diatas lantas membuat anda bisa diterima bekerja diperusahaan yang kamu lamar, semua kembali lagi pada keputusan perusahaan dan juga keberuntungan kamu sendiri.

Semoga artikel tentang 20 pertanyaan umum interview kerja ini sedikitnya bisa memberi gambaran tentang pertanyaan yang sering diajukan saat interview kerja dan kamu bisa mengantisipasinya dengan baik. Semoga sukses admin lockerjob doakan agar diterima bekerja dimanapun kamu melamar.
Baca juga: Lowongan kerja ini buka setiap hari (Outsourcing)




beserta dengan dokumen penting lainnya
Via Online:


Demikian 20 Pertanyaan Umum Interview Kerja dan cara Menjawabnya yang admin sampaikan. Semoga sukses melamar kerjanya. Jangan sampai lupa buat juga CV lamaran kerja semenarik dan sebagus mungkin agar bisa dilirik oleh perusahaan dan baca juga Info Lowongan Kerja hari ini PT Indopsiko Indonesia. Terima kasih dan semoga sukses.

PROSES SELEKSI
Lowongan Kerja Di Trans7 Sebagai Administration 30 September 2017
Iklan Lowongan Kerja


0 Response to "20 Pertanyaan Umum Interview Kerja dan cara Menjawabnya"

Posting Komentar

Berkomentarlah menggunakan bahasa yang baik dan sopan, sebelum kamu bertanya lihat dahulu info Tanggal tutup loker, bila ada nomor whatsapp bisa kontak langsung orang yang bersangkutan pada lowongan kerja tersebut. Bantu kami Like & Share agar lockerjob tetap ada. Terima kasih